Saturday, September 17, 2016

CINTA ADALAH SEGALANYA


Tulisan ini adalah pandangan pribadi saya sebagai seorang suami dan seorang ayah dari kedua anak kami.

Berjuta pria di dunia berharap suatu saat dipanggil Ayah atau Papa oleh seorang anak kecil. Untuk mencapai keinginannya, banyak diantara mereka mengadopsi anak. Begitu si anak hasil adopsi tersebut memanggilnya Papa, maka akan ada perasaan bahagia tak terkira dalam hati si pria.

Perceraian adalah hal biasa dalam rumah tangga. Salah satunya penyebabnya adalah perselingkuhan.
Bila anda memfokuskan diri hanya pada permasalahan "dia anak anda atau dia bukan anak anda", saya rasa dalam hal ini anda kurang bijaksana melainkan lebih mengikuti rasa ego maupun dendam pribadi anda yang pencemburu.

Seandainya hasil DNA test menunjukan bahwa anak tersebut 100% bukanlah anak anda, lalu apakah anda akan lantas merasa memenangi sebuah "pertarungan" karena telah membuktikan anda benar pada publik ????

Bagi saya, anda lah yang sebenarnya justru berada di pihak yang Kalah.

Setelah puluhan tahun anda membuangnya kini anda semakin membuatnya menderita bathin akibat hasil DNA yang menyatakan dia bukan anak kandung anda. Sedangkan di lain pihak, anak tersebut sangat berharap bahwa pria yang menimangnya ketika dia masih bayi, yang memanjanya ketika dia masih balita lah yang menjadi ayah kandungnya, bukan pria lain.

Walaupun bukan hasil dari sperma anda, namun yang pasti si anak terlahir dari rahim istri anda dan bahkan anda sendiri yang memotong tali pusarnya ketika si anak lahir. Sekalipun sangat terasa pahit namun itulah kenyataan hidup yang harus anda terima.

Anak bukanlah melulu mengenai sedarah sedaging. Mereka hadir dalam kehidupan kita dan menginginkan kita juga hadir dalam kehidupannya. Mereka bahagia melihat kita tersenyum dan memeluknya. Merekapun akan sangat bahagia karena kita mencintainya.

Saya yakin, demikianlah yang dirasakan dan diinginkan oleh seorang anak yang tidak anda akui, bahkan sampai si anak menjadi dewasa, tua dan meninggal, dari lubuk hati si anak akan tetap memanggil anda dengan sebutan PAPA sekalipun setelah dia tau anda bukanlah ayah kandungnya.


Love is everything.

Salam sejahtera.
Raymond Liauw

No comments:

Post a Comment