Sunday, December 25, 2016

KENAPA HARI NATAL JATUH PADA TANGGAL 25 DESEMBER



Tidak ada sumber yang dapat memastikan kapan tepatnya Kristus dilahirkan ke dunia.
Ada 2 peristiwa tertulis pada Alkitab yang menunjukan Kristus lahir bukan pada musim dingin.
Pertama: Sensus Penduduk
Menjelang kelahiran Kristus, Kaisar Augustus meminta agar semua penduduk didaftar di kotanya sendiri (Lukas 2:1-3), sehingga mereka harus melakukan perjalanan panjang seminggu atau lebih. (menunjukan bukan saat musim dingin).
Kedua: Kawanan Gembala
Di daerah itu (tempat Kristus lahir) terdapat para gembala yang tinggal di padang terbuka menjaga kawanan ternak pada waktu malam (Lukas 2:8). (para gembala biasanya melewatkan musim dingin dengan berdiam di kandang atau goa, bukan di padang terbuka).

Sejak manusia pertama jatuh ke dalam dosa, maka dosa itu akan tetap melekat sehingga membuat manusia tidak layak untuk berdiam di kerajaan-Nya.
Allah - Sang Pencipta mencintai ciptaan-Nya sehingga Dia pun mengutus para nabi-Nya untuk menyampaikan pesan Allah kepada umat manusia. Namun, kejahatan yang diperbuat oleh manusia bukan lagi berkurang melainkan semakin menggila dan semakin brutal. Hingga Allah memutuskan untuk mengutus langsung Firman-Nya / Roh-Nya dalam wujud manusia Yesus Kristus untuk hadir di tengah tengah manusia.

Keimanan Kristiani meyakini bahwa Yesus Kristus adalah Roh Allah yang tidak dapat dipisahkan dari Allah Sang Pencipta. Untuk itu umat Kristiani juga meyakini bahwa Yesus Kristus adalah Roh Allah yang kita sembah.

Walaupun terdapat perbedaan pandangan antara umat Kristiani dengan umat Muslim mengenai siapa Yesus Kristus atau yang juga disebut Nabi Isa Al Masih, tetapi suatu hal yang pasti bahwa AlQuran mengakui dan menghormati Isa Al Masih sebagai seorang Nabi utusan Allah.
Surat Ali Imran 3:45 : ketika Malaikat berkata: “Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu (dengan kelahiran seorang putra yang diciptakan) dengan kalimat (yang datang) daripada-Nya, namanya Al Masih Isa putra Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan termasuk orang-orang yang didekatkan (kepada Allah).

Kembali pada topik semula, kenapa umat Kristiani merayakan hari kelahiran Yesus Kristus pada tanggal 25 Desember yang bertepatan dengan perayaaan bangsa Romawi yang memperingati hari lahir Dewa Matahari.

Dalam Encyclopedia Americana, disebutkan bahwa sebelum Kristus turun ke dunia manusia kian jahat, penuh keangkuhan, kejam tanpa belas kasih terhadap sesama manusia.
Para pendosa pada zaman itu yang telah bertobat untuk kembali ke jalan Allah, menerima Cinta Kasih dan Kesederhanaan Yesus Kristus dalam dirinya juga dalam kehidupan sehari hari mereka. Mereka pun meninggalkan perbuatan perbuatan keji dan jahat mereka.
Untuk itulah para ahli Alkitabiah mempercayai bahwa tanggal kelahiran Kristus yang ditetapkan pada tanggal 25 Desember tersebut agar lebih bermakna bagi orang orang yang sudah menjadi dan yang akan menjadi seorang Kristiani.

Bagaimanapun juga dan apapun keimanan yang kita miliki, kita semua telah diberi petunjuk bahwa begitu besar kasih Allah kepada dunia dan ciptaan-Nya sehingga Dia mengutus para Nabi-Nya dan Roh-Nya / Kalam-Nya ke dunia ini untuk menyelamatkan kita semua dari segala dosa agar kita kelak layak untuk masuk ke dalam Kerajaan-Nya. Sang Pencipta mencintai ciptaan-Nya tetapi membenci dosa dan kejahatan yang ciptaan-Nya perbuat.

Akhir kata, kami sekeluarga ingin mengucapkan SELAMAT HARI NATAL. Kiranya kasih Tuhan Yesus Kristus selalu menyertai kita semua hingga kehidupan kekal. Amin.
Raymond Liauw & Keluarga.

No comments:

Post a Comment