Sunday, May 14, 2017

SEKILAS INFO MENGENAI SITUASI PENDUDUK IMMIGRANT DI USA



Mumpung lagi masa tenang di Indonesia menjelang Pilkada serentak, saya mau kasih sedikit info mengenai penduduk immigrant di negeri Paman Sam.

Total penduduk illegal di US saat ini diperkirakan berjumlah 13 juta orang. Pada minggu pertama operasi pembersihan terhadap para pendatang di US telah ditangkap ratusan penduduk illegal.
Pro dan kontra keputusan Presiden Trump untuk mendeportasi para penduduk illegal kian menjadi. Aksi protest yang menjurus ke anarki juga terjadi di beberapa kota besar seperti San Francisco, Los Angeles, NY, Washington DC.

Saat ini juga telah disebarkan selebaran yang isinya mengenai tindakan apa yang perlu kita lakukan bila kita kedatangan Polisi Immigrasi ke tempat tinggal kita. Selebaran tersebut ditulis dalam berbagai bahasa, diantaranya: bahasa Inggris, Spanish, Mandarin, Vietnam, Tagalog, Korea dan Arab.

Dalam situasi seperti ini, kantor kantor Immigration Lawyer pun diperkirakan kebanjiran order untuk membantu para illegal agar tetap bisa tinggal di US.
Kesempatan inipun dimanfaatkan oleh lawan politik Trump terutama media massa seperti MSNBC dan CNN yang memang tidak menyukai Trump sejak awal beliau maju sebagai kandidiat calon Presiden.

Ketika Obama menjadi President selama dua periode, pemerintahannya telah mendeportasi sebanyak 2 juta penduduk illegal keluar dari US. Namun, keberpihakan kaum media massa kepada beliau berhasil meredam berita penggrebekan, penangkapan dan pendeportasian yang terjadi saat itu.

Bangsa Amerika saat ini adalah berasal dari kaum pendatang yang sebagian besar dari Eropa, sedangkan penduduk asli negara US adalah bangsa Indian yang jumlahnya kini semakin kecil yang jauh lebih sedikit dibanding penduduk pendatang dari Amerika Latin dan Asia. Bangsa minoritas Indian ini juga telah diberikan daerah teritorial khusus oleh pemerintah US dimana hukum mereka berlaku di teritorial mereka.

Kaum pendatang / immigrant di US berkontribusi banyak dalam hal perkembangan jumlah penduduk dan kebudayaan dalam sejarah negara US.
Sayang sekali arti kebebasan seringkali diartikan lain oleh sekelompok orang dimana mereka justru malah merusak generasi penerus bangsa Amerika yang sebenarnya juga adalah kaum immigrant dengan berbagai aksi kriminal mereka.

Sejak masa kampanye, President Trump telah berjanji untuk menangkap dan mendeportasi para penduduk illegal yang memiliki Catatan Kriminal apalagi yang pernah merasakan tinggal di balik jeruji besi.
Saya yakin diantara 13 juta penduduk illegal di US terdapat jutaan penduduk illegal yang benar benar baik dan datang ke US dengan tujuan memperbaiki hidup dan mengadu nasib di tanah perantauan.

Saya berharap dan berdoa agar Operasi Pembersihan yang dilakukan oleh pemerintah Trump mampu memilah pilih siapa diantara mereka penduduk illegal yang harus dideportasi maupun yang semestinya layak tinggal di USA.

Patung Liberty di New York adalah hadiah dari rakyat Perancis kepada rakyat Amerika. Patung tersebut adalah ikon negara US dimana kebebasan bukan cuma untuk rakyat Amerika tetapi juga untuk setiap kaum immigrant untuk datang ke Amerika.

Amerika Serikat tidak akan pernah menjadi negara besar dan kuat tanpa adanya kaum immigrant.


Sejahtera dan sehat selalu.
Raymond Liauw

No comments:

Post a Comment