Thursday, March 22, 2018

SURAT TERBUKA UNTUK GUBERNUR DKI JAKARTA, BAPAK ANIES BASWEDAN - KERINDUAN AKAN BECAK



Kedua anak kami tidak pernah sekalipun naik Becak bahkan mereka tau di Indonesia ada Becak hanya dengan melihat miniaturnya yang saya pajang di ruang keluarga.
Saya sempat berpikir suatu saat nanti saya mau booking Becak yang dikayuh oleh si abang becak yang betisnya berotot untuk beberapa jam setiap harinya sambil melihat lihat keindahan sekeliling.

Saya sungguh merindukan jalan jalan keliling “Naik Becak” seperti puluhan tahun lalu saat saya masih kecil dulu di awal tahun 1970-an. Saya masih ingat kalau sudah jam 11 siang si abang becak sudah menunggu di luar rumah untuk mengantar saya ke sekolah.

Dengan kesigapan dan naluri keberpihakan Pak Anies, kini Becak diperbolehkan untuk kembali beroperasi di Jakarta. Kemarin saya juga melihat video Becak sudah banyak berkeliaran di daerah Muara Karang dan Pademangan.
“Budaya membecak” di Jakarta atau Batavia sudah ada ratusan tahun lalu sejak zaman kolonial Belanda. Jadi saya berharap semoga Gubernur Anies terus berkomitment untuk melestarikan kendaraan umum Becak di Jakarta.

Untuk kedepannya, saya juga berharap pengoperasian kendaraan Becak di DKI Jakarta tidak dibatasi hanya berada di daerah perumahan tapi juga diperbolehkan untuk beroperasi di jalan jalan utama / protokol seperti Jln. M. Thamrin, Jln. Jend. Sudirman, Jln. Gatot Subroto,....... untuk mengurangi / membatasi jumlah kendaraan bermotor yang kian hari kian bertambah yang hanya akan meningkatkan polusi udara kota Jakarta. Sedangkan kita ketahui bahwa Becak adalah kendaraan umum bebas polusi. Bukankah usia manusia akan menjadi lebih panjang bila udara yang dihirup bersih dibanding dengan bila menghirup udara kotor polusi.

Saya sungguh senang dan benar benar senang karena tahun depan kami sekeluarga merencanakan akan berlibur ke Indonesia. Selain Bali, Surabaya dan Manado, ibukota Jakarta adalah salah satu tujuan tempat wisata kami.

Kami yakin Gubernur DKI Jakarta, Bapak Anies Baswedan yang kami cintai sangat mengerti kebutuhan orang orang Indonesia seperti kami yang sudah tidak lagi tinggal di Indonesia selama puluhan tahun dan rindu naik Becak.
Untuk itu kami ucapkan banyak terima kasih.

Sekian surat dan usulan dari saya.
Sejahtera dan sehat selalu.
Raymond Liauw

No comments:

Post a Comment